Selasa, 01 November 2011

MATERI TAUHID

SYIRK DAN MACAM-MACAMNYA


Pengertian:

Banyak pegertian syirk yang dikemukakan oleh para ulama. Meskipun demikian pada intinya pengertian-pengertian tersebut memiliki kesamaan maksud. Berikut ini adalah uraian tentang pengertian syirk.


Secara bahasa:

Syirik terbentuk dari huruf syin, ra' dan kaf. Syirk secara bahasa bermakna sekutu. Karena sekutu maka mengandung makna adanya dua hal yang selalu berbarengan dalam eksistensinya. Dengan demikian kanudngan makna syirik berlawanan maknanya dengan "sendirian".

Secara Istilah:

يقول الشيخ سليمان بن عبد الله آل الشيخ: هو تشبيه للمخلوق بالخالق – تعالى وتقدس – في خصائص الإلهية، من ملك الضر والنفع، والعطاء والمنع الذي يوجب تعلق الدعاء والخوف والرجاء والتوكل وأنواع العبادة كلها بالله وحده

وقال شيخ الإسلام محمد بن عبد الوهاب: (هو صرف نوع من العبادة إلى غير الله، أو: هو أن يدعو مع الله غيره، أو يقصده بغير ذلك من أنواع العبادة التي أمر الله بها

وقال الشيخ عبد الرحمن بن ناصر السعدي - رحمه الله -: (هو أن يجعل لله نداً يدعوه كما يدعو الله، أو يخافه، أو يرجوه، أو يحبه كحب الله، أو يصرف له نوعاً من أنواع العبادة .حقيقة الشرك بالله: أن يعبد المخلوق كما يعبد الله، أو يعظم كما يعظم الله، أو يصرف له نوع من خصائص الربوبية والإلهية

وقيل: (الشرك هو أن يعتقد المرء في غير الله صفة من صفات الله؛ كأن يقول: إن فلانا يعلم كل شيء، أو يعتقد أن فلانا يفعل ما يشاء، أو يدعي أن فلانا بيده خيري وشري، أو يصرف لغير الله من التعظيم ما لا يليق إلا بالله - تعالى -، كأن يسجد للشخص أو يطلب منه حاجة أو يعتقد التصرف في غير الله


Simpulan dari makna secara istilah:

والذي يظهر من هذه الأقوال: أن الشرك حقيقته في اتخاذ الند مع الله، سواء كان هذا الند في الربوبية أو الألوهية.
وبهذا يتفق قول العلماء المحققين في حقيقة الشرك مع قول أصحاب المعاجم بأن أصل الشرك اتخاذ الأنداد مع الله.
فأصل الشرك – كما علمنا من البيان السابق – ما هو إلا اتخاذ الند مع الله، وهذا ما سيتضح لنا أكثر عند بيان حقيقة الشرك في نصوص القرآن والسنة


Dalil tentang larangan syirik antara lain:

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ (13)

( واعبدوا الله ولا تشركوا به شيئا وبالوالدين إحسانا وبذي القربى واليتامى والمساكين والجار ذي القربى والجار الجنب والصاحب بالجنب وابن السبيل وما ملكت أيمانكم إن الله لا يحب من كان مختالا فخورا ( 36 ) surat annisa'

Macam-macam Syirik:

  1. Syirik Besar (akbar) yakni menyekutukan Allah dalam hal (a) uluhiyah, (b) rububiyah dan (c) sifat serta asma

  2. Syirik Asghar (kecil) adalah segala perkataan dan perbuatan yang dapat mengantarkan seseorang pada syirik akbar. Syirik asghar dibagi menjadi tiga, yakni yang berupa perkataan, perbuatan dan dalam hati. Contoh syirik ashghar yang berupa perkataan: bersumpah dengan selain nama selain Allah, Allah menghendaki dan kamu juga menghendaki. Sedangkan yang berupa perbuatan antara lain, mendatangi dukun (kahin) sementara itu dia mempercayai apa yang dikatakan oleh dukun tersebut. Mengenakan jimat untuk perlindungan dan yang lainnya. Sedangkna contoh syirik asghar dalam hati adalah riya' sebagaimana dijelaskan oleh Rasulullah:

    عن محمود بن لبيد رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: ((إن أخوف ما أخاف عليكم الشرك الأصغر))، قالوا: وما الشرك الأصغر يا رسول الله؟ قال: ((الرياء، يقول الله عز وجل لهم يوم القيامة إذا جزى الناس بأعمالهم: اذهبوا إلى الذين كنتم تراؤون في الدنيا، فانظروا هل تجدون عندهم جزاء

  3. Syirik Khafiy (samar), pembagian ketiga ini didasarkan pada penjelasan Rasullah yang menjelaskan adanya syirik khafiy. Akan tetapi perwujudan syirik khafiy ini bisa muncul dalam bentuk yang akbar maupun yang asghar.

    عن أبي موسى الأشعري رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: ((أيها الناس، اتقوا هذا الشرك، فإنه أخفى من دبيب النمل))، فقال له من شاء الله أن يقول: وكيف نتقيه وهو أخفى من دبيب النمل يا رسول الله؟ قال: ((قولوا: اللهم إنا نعوذ بك من أن نشرك بك شيئاً نعلمه، ونستغفره لما لا نعلم

HUBUNGAN TAUHID DAN BIRRUL WALIDAIN


Prolog

Sebagaimana sudah kita ketahui bersama bahwa iman tidak hanya bermakna meyakini akan adanya Allah. Akan tetapi iman menuntut adanya aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Banyak ayat dan juga hadis yang menjelaskan tentang keterkaitan antara iman dengan perilaku kehidupan sehari-hari tersebut. Pada bagian ini akan diuraikan keterkaitan antara iman tauhid dengan birrul walidain.


Dasar

Banyak ayat al-Qur'an yang menyebutkan perintah untuk beribadah kepada Allah, larangan syirik yang kemudian diikuti dengan berbakti kepada kedua orang tua. Beberapa ayat dimaksud adalah sebagai berikut:

Surat al-Baqarah ayat 83

وإذ أخذنا ميثاق بني إسرائيل لا تعبدون إلا الله وبالوالدين إحساناً وذي القربى واليتامى والمساكين وقولوا للناس حسناً [البقرة: 83

Surat al-Nisa': ayat:

واعبدوا الله ولا تشركوا به شيئا وبالوالدين إحسانا وبذي القربى واليتامى والمساكين والجار ذي القربى والجار

الجنب والصاحب بالجنب وابن السبيل وما ملكت أيمانكم إن الله لا يحب من كان مختالا فخورا


قل تعالوا أتل ما حرم ربكم عليكم ألا تشركوا به شيئاً وبالوالدين إحساناً [الأنعام: 151


{وقضى ربك ألا تعبدوا إلا إياه وبالوالدين إحساناً [الإسراء: 23

Luqman, ayat 13 s.d 15

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ (13) وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا

عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ (14) وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلَى أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ (15

عن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه قال : سألت النبي صلى الله عليه وسلم أي العمل أحب إلى الله فقال صلى الله عليه وسلم: الصلاة على وقتها، قلت ثم أي قال بر الوالدين . قلت ثم أي، قال الجهاد في

سبيل الله

HUBUNGAN TAUHID DAN BIRRUL WALIDAIN

Uraian

Dari ayat-ayat di atas tampak bahwa Allah menempatkan birrul walidain sebagai sebuah kewajiban kedua yang harus ditunaikan oleh seorang muslim. Allah menempatkan berbakti kepada orang tua sebagai kewajiban yang berurutan dengan kewajiban atau perintah untuk beribadah kepada Allah dan larangan syirik. Hal tersebut menunjukkan betapa iman seorang mukmin tidak akan sempurna sebelum dilengkapi dengan tindakan berbakti kepada orang tua.

Birrul Walidain adalah berbuat baik dan berkhidmat kepada kedua orang tua, yakni mentaati perintahnya (selama tidak berupa maksiat) dalam bentuk ucapan maupun perbuatan, dan menjauhkan dari hal-hal yang dapat menyakiti hatinya.

Adapun bentuknya, birrul walidain dapat diklasifikasikan menjadi dua: (a) semasa orang tua masih hidup dan (b) ketika orang tua telah meninggal dunia.

Birrul walidain semasa orang tua masih hidup dapat dilakukan dengan:

  • Bersikap rendah hati dan berbicara lemah lembut (QS.17:23)

  • Memohonkan ampunan baginya kepada Allah (mendoa’kan) (QS.17:24)

  • Membantu dengan harta

  • Memintakan restunya atau ridha atas hal-hal penting yang akan dilakukan, terlebih menyangkut kepentingan orang tua.

    رضى الله في رضى الوالدين وسخط الله في سخط الوالدين

    Birrul walidain ketika orang tua telah meninggal dunia:

  • Menyelenggarakan pengurusan jenazahnya seperti: memandikannya, mengkafaninya, menshalatkannya dan menguburkannya, dsb.

  • Senantiasa berdo’a untuk memohonkan ampun atas segala dosanya.

  • Memenuhi segala janjinya semasa hidup yang belum terlaksana seperti: wasiat, hutang piutang, dll.

  • Menghormati teman dan sahabat orang tua semasa keduanya masih hidup


Tidak ada komentar: