Kamis, 15 Desember 2011

Sihir adalah Perbuatan Syirk

SIHIR ADALAH PERBUATAN SYIRK
Prolog
Allah adalah penguasan seluruh alam. Alam di sini tidak hanya alam dunia yang kasat mata, banyak alam lain selain yang tampak ini, dan itu semua adalah di bawah kekuasaan Allah. Di luar alam yang materi ini ada alam yang immateri, salah satunya adalah alam ghaib. Islam mengajarkan bahwa salah satu yang harus diimani oleh seorang muslim adalah adanya alam ghaib. Alam ghaib sebagaimana alam dunia ini, tentu saja juga diatur oleh Allah dengan sunnatullah yang khusus.
Alam ghaib tersebut cukup diimani oleh seorang mukmin muslim. Hanya saja pada keyataannya tidak jarang manusia justru mengadakan hubungan dengan dunia ghaib yang tidak seharusnya dilakukan. Semisal bekerjasama dengan jin untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan, mendapatkan hal-hal yang menakjubkan di luar batas kemampuan manusia biasa yang di luar hukum alam yang materiil. Bentuk hubungan dengan dunia ghaib yang demikian itu sering dikenal dengan sihir.

Pengertian
Apa sihir itu? Istilah tersebut pasti sudah sangat akrab di telinga Anda. Akan tetapi apa yang dimaksud dengan sihir. Mengapa dilarang dan apa dasarnya? Hal-hal tersebut kiranya perlu diketahui agar kita tidak terjebak pada perilaku sihir yang menyesatkan tauhid.
Dalam bahasa Arab sihir berasal dari akar kata sahara. Kata tersebut memiliki banyak arti antara lain, menipu, membujuk, menarik, memikat hati, menjauhkan, membelokkan, memalngkan dan lain-lain. Kata sihir mencakup makna segala sesuatu yang diperoleh melalui cara dan penyebab yang misterius.
Sedangkan secara istilah syar'i, para ulama memberikan definisi berbeda-beda, yang intinya adalah suatu perbuatan mempengaruhi akal pikiran, badan manusia tertentu dengan cara yang misterius atau tersembunyi, dengan melibatkan makhluk halus yang dilakukan dengan cara di luar hukum alam materiil untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan tetentu tersebut bisa berupa menyakiti orang, menjadikan pikiran orang menjadi bingung, dan lain sebagainya.
Kemudian apakah sihir itu nyata atau tidak? Para ulama menjelaskan bahwa sihir adalah sesuatu yang nyata bukan hanya kamuflase, pengaruhnya pun juga nyata atau hakiki, bukan hanya kamuflase. Karena itu hukum membunuh orang melalui sihir sama dengan membunuh orang secara inderawi atau fisik. Dalam tradisi masyarakat arab jahiliyah praktik sihir ini dilakukan oleh para kahin atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan dukun.
Dalil
Beberapa ayat dan hadits yang menjelaskan tentang sihir dan larangan terhadapnya anata lain adalah sebagai berikut:
1. Surat al-Falaq
قل أعوذ برب الفلق من شر ما خلق ومن شر غاسق إذا وقب ومن شر النفاثات في العقد ومن شر حاسد إذا حسد
Surat tersebut menjelaskan tentang perlindungan diri kepada Allah dari berbagai hal buruk, termasuk perbuatan sihir.
2. Surat al-Baqarah 102
واتبعوا ما تتلوا الشياطين على ملك سليمان وما كفر سليمان ولكن الشياطين كفروا يعلمون الناس السحر وما أنزل على الملكين ببابل هاروت وماروت وما يعلمان من أحد حتى يقولا إنما نحن فتنة فلا تكفر فيتعلمون منهما ما يفرقون به بين المرء وزوجه وما هم بضارين به من أحد إلا بإذن الله ويتعلمون ما يضرهم ولا ينفعهم
3. Hadits Nabi tentang Perbuatan Sihir orang Yahudi kepada Rasulullah
ثبت في الصحيحين من حديث عائشة أن النبي - صلى الله عليه وسلم - سحره يهودي من يهود بني زريق ، يقال له لبيد بن الأعصم ، حتى يخيل إليه أنه كان يفعل الشيء ولا يفعله ، فمكث كذلك ما شاء الله أن يمكث - في غير الصحيح : سنة - ثم قال : " يا عائشة أشعرت أن الله أفتاني فيما استفتيته فيه . أتاني ملكان ، فجلس أحدهما عند رأسي ، والآخر عند رجلي ، فقال الذي عند رأسي للذي عند رجلي : ما شأن الرجل ؟ قال : مطبوب . قال ومن طبه ؟ قال لبيد بن الأعصم . قال في ماذا ؟ قال في مشط ومشاطة وجف طلعة ذكر ، تحت راعوفة في بئر ذي أروان " فجاء البئر واستخرجه .
4. Hadits tentang Sihir adalah perbuatan yang menghancurkan amal
عن ابي هريرة , قال رسول الله صلي الله عليه وسلم أجتنبوا السبع الموبقات , الشرك بالله ,السحر , قتل النفس التي حرم الله الا بالحق , أكل الربا , أكل مال اليتيم , التولي يوم الزحف و قذف المحصنات الغافلات
5. Perbuatan Syirik adalah Syirk
عن الحسن عن أبي هريرة قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من عقد عقدة ثم نفث فيها فقد سحر ومن سحر فقد أشرك ومن تعلق شيئا وكل إليه



Tidak ada komentar: